FESTIVAL ANAK SHOLEH INDONESIA KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2021

Dalam rangka memperingati Hari Santri tanggal 22 Oktober 2021 dan mengembangkan bakat santri TPQ, Forum Ukhuwah Pengembangan TPQ (FUP TPQ) Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan kegiatan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) ke-12 pada hari Minggu tanggal 24 Oktober 2021 di Wisata Petik Mangga Desa Oro-oro Ombo Kulon Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan FASI ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan sebelumnya yang telah dilaksanakan di tingkat Kecamatan mulai tanggal 05 September s.d 20 Oktober 2021 di hari Sabtu atau Minggu dan juaranya berhak mewakili kecamatannya mengikuti lomba di tingkat Kabupaten.

Cabang lomba yang dilombakan antara lain: Tartil Al Qur’an Putra dan Putri, Takhfidz Juz ‘Amma Putra dan Putri, Tilawah Al Qur’an Putra dan Putri, Ceramah Agama Islam Putra dan Putri, Lomba Mewarnai Gambar Islami Putra dan Putri, Lomba Adzan dan Iqomah serta Lomba Nasyid Asmaul Husna. Lomba dilaksanakan secara langsung dan daring yang diupload melalui Youtube.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bapak Wakil Bupati Pasuruan KH. Abdul Mujib Imron, SH. MH. Gus Mujib sapaan akrab Wakil Bupati Pasuruan, mengapresiasi santriwan dan santriwati TPQ yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan FASI Kabupaten Pasuruan sejak dari tahap seleksi di tingkat Kecamatan. Beliau selalu mengikuti pembukaan FASI tingkat Kecamatan secara virtual. Menurutnya, keberhasilan ini tidak jauh dari campur tangan ustadz/ustadzah dan wali santri yang telah mendidik sekaligus melatih para santrinya. Beliau juga menyampaikan, “mempunyai putra putri yang berbakat apalagi di bidang Al Qur’an merupakan asset terbesar bagi para orang tua. Jadi guru lan wong tuwo kudu tetep sabar lan telaten dalam membimbing anak-anak”. “Mugi barokah sedoyone…” ujar beliau. Dengan adanya FASI ini, beliau juga menitipkan pesan kepada seluruh warga Kabupaten Pasuruan agar semakin membumikan TPQ. Menurutnya, TPQ harus ada di setiap desa. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bupati Pasuruan Nomor 35 Tahun 2020 tentang Pendidikan Keagamaan Islam TPQ. Peresmian pembukaan lomba ditandai dengan pelepasan balon oleh Bapak Wakil Bupati yang didampingi Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan.

Turut hadir dalam pembukaan Kegiatan FASI ke-12 tingkat Kabupaten pada tahun ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Ibu Dra. Ninuk Ida Suryani, M.Si., Kepala Bidang Pergurag Bapak Drs. Ustadi, M.Pd., Kasi TPQ/RABATA Ibu Siti Khotijah, M.Pd.I., Kasi Madin/Pontren Bapak Akhmad Muzakki, S.Ag., Kasi MI/MTs Bapak Suhartono, S.Pd., Kasi PD. Pontren Kemenag Kab. Pasuruan, Kasi Bimas Kemenag Kab. Pasuruan dan PCNU Kab. Pasuruan.

Sementara itu Ketua Forum Ukhuwah Pengembangan (FUP) TPQ, Abdullah Mahfudz berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan FASI di tahun ini. Ubaidillah selaku ketua panitia menyampaikan, “Terima kasih Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan. Menjadi sejarah baru bagi FASI. Kami sangat berkesan dan sangat mengapresiasi Ibu yang begitu semangatnya hingga keliling di setiap lokasi lomba dengan menggunakan mobil operasional Wakmuqidin. Tak cukup menyapa anak-anak kafila, Beliau juga sempat menyapanya dengan membagi-bagikan reward”. “Maturnuwun Ibu….”, lanjut Ubaidillah.

Kegiatan FASI Ke-12 Tahun 2021 berakhir dengan Kecamatan Gondangwetan sebagai juara umum setelah menjuarai beberapa cabang lomba, antara lain: Juara I Tilawah Putri, Juara I Tahfidz Juz ‘Amma Putra, Juara II Tilawah Putra, Juara II Tahfidz Juz ‘Amma Putri dan Juara III Mewarnai Gambar Islami Putri.  

Dengan keberhasilan tersebut, ketua FUP Kabupaten Pasuruan mengharapkan Kecamatan Gondangwetan bersedia menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan kegiatan FASI Tahun 2022. Beliau juga menyampaikan bahwa pemenang juara I masing-masing cabang lomba akan mewakili Kabupaten Pasuruan di Festival Anak Sholeh (FASI) Tingkat Propinsi yang diselenggarakan pada tanggal 20 Nopember 2021.

No Comments

Tuliskan Komentar