MERIAHNYA GEBYAR BULAN BAHASA SMPN 1 PRIGEN KABUPATEN PASURUAN

Menyusuri halaman gerbang SMPN 1 Prigen suasana sejuk, dan rindang menyambut iring – iringan mobil Perpustakaan Keliling. Hari itu, Rabu 23 Oktober 2019 suasana pagi di SMPN 1 Prigen memang berbeda. SMPN 1 Prigen memang punya gawe. Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa yang sekaligus bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, SMPN 1 Prigen bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan acara bersama yang di isi dengan berbagai macam lomba. Mulai lomba menulis surat untuk guru, membaca puisi sampai lomba bercerita tentang sejarah. Kegiatan ini mengambil tema” Gebyar Bulan Bahasa SMPN 1 Prigen Wujud kan Gerakan Pemberdayaan dan Budaya Literasi” “BERSATU KITA MAJU” tema hari Sumpah Pemuda. Tema yang diangkat sebagai bentuk pemberdayaan dan membudayakan gerakan Literasi.
Kedatangan tim Perpustakan Kabupaten Pasuruan disambut suara merdu tim paduan suara, salah satu lagu yang dinyanyikan paduan suara adalah Mars Adiwiyata karya Bp.Ir. Nanang Hariyanto dan Bp. Narko Wibowo, S. Gebyar Bulan Bahasa dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Perpustakaan yang biasa kami panggil dengan nama Ibu Atik. Beliau sangat kagum dengan kegiatan yang diselenggarakan. Sangat meriah dan seluruh warga sekolah antusias. Inilah yang diharapkan terus berlanjut tidak hanya di Bulan Bahasa saja tetapi membaca untuk selamanya. Beliau berpesan agar anak – anak rajin membaca, sebab dengan membaca akan meningkatkan kreativitas berpikir dan memiliki peluang lebih baik untuk kesuksesan. Acara dilanjut dengan sambutan Kepala SMPN 1 Prigen pada “Gebyar Bulan Bahasa 2019 “ 
Dalam sambutannya Kepala Sekolah Hj. Prapti, S.Pd menyampaikan bahwa Bulan Bahasa merupakan bulan dimana setiap orang dapat mengekspresikan bakatnya terutama bidang bahasa dan satra yang bertujuan untuk lebih mencintai budaya sendiri, yaitu budaya Indonesia. “Saya sangat berterima kasih atas perhatian, dukungan dan apresiasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Pasuruan yang telah sudi merespon keinginan“ tuturnya. Kami yang berada di lereng Gunung Welirang ini sangat bangga bisa mewujudkan kegiatan ini. Kami  berharap kegiatan Perpustakaan Keliling datang secara berkala di SMPN 1 Prigen. Himbauan Kepala Sekolah SMPN 1 Prigen untuk mewujudkan pemberdayaan dan budaya literasi ditanggapi yang langsung respon oleh Dinas Perpustakaan serta antusias semua warga sekolah.
Gebyar Bulan bahasa yang dihadiri oleh Kepala Bidang Dinas Perputakaan Kabupaten Pasuruan Ibu Aty dan para staf Perpustakaan dan Pustakawan Daerah itu membawa banyak doorprize. Doorprize diberikan kepada mereka yang berani bertanya dan mau menjawab pertanyaan.
Melihat banyaknya karya siswa yang dipajang di art coorner atau dilihat di area sekolah. Bapak Eben sebagai pustakawan juga menyampaikan sangat senang dan bangga dengan kreativitas SMPN 1 Prigen.
Dalam kegiatan ini seluruh siswa secara hening membaca buku yang telah disediakan oleh tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Mereka membaca dan membuat resensi, kemudian unjuk kerja menampilkan ulasan dari buku yang dibacanya tadi. Salah satu siswa M. Alam Nasroh kelas 7 A  baginya membaca buku itu menyenangkan karena hampir setiap hari datang ke Perpustakaan untuk membaca. Dalam ulasannya Alam merasa senang membaca buku, sebab menurut dia membaca itu menambah wawasan. Salah satu buku yang dibacanya saat itu adalah buku ilmu pengetahuan  yang  berjudul Jaring laba-laba karya Dr. Bryson Gore  diterbitkan oleh penerbit Pakar Raya. Buku yang berisi tentang Ilmu Pengetahuan ini mengisahkan tentang seekor hewan sekecil semut, mampu mengangkat 50 kali beban berat tubuhnya, sedang jaring laba – laba lebih kuat dari baja .
Usai kegiatan ini secara berkelanjutan setiap kelas sudah harus memiliki pohon literasi, dimana di pohon itu siswa menulis dan menempelkan judul buku serta isi dari buku tersebut. Kegiatan ini menggugah siswa untuk terus menambah wawasan serta perbendaharaan kata baru. Sebelum acara berakhir di isi dengan nyanyi bersama dan joget yang dipandu oleh pegawai Perpustakaan Daerah.

No Comments

Tuliskan Komentar