ANGKA PARTISIPASI DALAM PENDIDIKAN

  • APK ( Angka Partisipasi Kasar )

Defini : Angka Partisipasi Kasar (APK), menunjukkkan partisipasi penduduk yang sedang mengenyam pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikannya. Angka Partisipasi Kasar (APK) merupakan persentase jumlah penduduk yang sedang bersekolah pada suatu jenjang pendidikan (berapapun usianya) terhadap jumlah penduduk usia sekolah yang sesuai dengan jenjang pendidikan tersebut.

Rumus : APKj = ( Siswa j/ Penduduk us j ) x 100%

 

  • APM ( Angka Partisipasi Murni )

Definisi : Angka Partisipasi Murni (APM) adalah persentase jumlah anak pada kelompok usia sekolah tertentu yang sedang bersekolah pada jenjang pendidikan yang sesuai dengan usianya terhadap jumlah seluruh anak pada kelompok usia sekolah yang bersangkutan.

Rumus : APMj = ( Siswa us j / Penduduk us j ) x 100%

  • APrS ( Angka Partisipasi Sekolah )

Definisi : Angka Partisipasi Sekolah merupakan ukuran daya serap lembaga pendidikan terhadap penduduk usia sekolah.

Rumus : APrS = ( Siswa usia sekolah / Penduduk usia sekolah ) x 100%

  • APtS ( Angka Putus Sekolah )

Definisi : Angka Putus Sekolah (APts) didefinisikan sebagai perbandingan antara jumlah murid putus sekolah pada jenjang pendidikan tertentu (SD, SLTP, SLTA dan sebagainya) dengan jumlah murid pada jenjang pendidikan tertentu dan dinyatakan dalam persentase.

Rumus : APtS = ( Jumlah murid putus sekolah di tingkat pendidikan tertentu/ Jumlah siswa di tingkat pendidikan tertentu ) x100%

  • Anka Lulusan ( AL )

Definisi : Perbandingan antara jumlah lulusan (L) dengan jumlah siswa tingkat tertinggi (ST) pada jenjang tertentu, dinyatakan dalam persentase.

Rumus : AL = ( Jumlah lulusan pada tingkat tertentu/ Jumlah siswa pada tingkat tertinggi pada jenjang tertentu ) x 100%

  • Angka Melanjutkan ( AM )

Definisi : Perbandingan antara jumlah siswa baru tingkat 7 atau 10 dengan jumlah lulusan pada tingkat 6 atau 9, dinyatakan dalam persentase.

Rumus : AM = ( Jumlah siswa baru tingkat 1 pada jenjang SMP/MTS; SMA/SMK/MA/Jumlah lulusan pada jenjang pembilang ) x100%

  • Angka Rata - Rata Lama Sekolah

Definisi : Lamanya Sekolah atau years of schooling adalah sebuah angka yang menunjukkan lamanya bersekolah seseorang dari masuk sekolah dasar sampai dengan Tingkat Pendidikan Terakhir (TPT). Pada prinsipnya angka ini merupakan transformasi dari bentuk kategori TPT menjadi bentuk numerik. Angka rata-rata lama sekolah adalah rata-rata jumlah tahun yang dihabiskan oleh penduduk usia 15 tahun ke atas untuk menempuh semua jenis pendidikan formal yang pernah dijalani.

Rumus : Jumlah tahun sekolah individu usia 5 tahun keatas/jumlah penduduk usia 5 tahun keatas

  • Harapan Lama Sekolah

Definisi : Lamanya sekolah (dalam tahun) yang diharapkan akan dirasakan oleh anak pada umur tertentu di masa mendatang. Diasumsikan bahwa peluang anak tersebut akan tetap bersekolah pada umur-umur berikutnya sama dengan peluang penduduk yang bersekolah per jumlah penduduk untuk umur yang sama saat ini. Angka Harapan Lama Sekolah dihitung untuk penduduk berusia 7 tahun ke atas.

Rumus : ( Jumlah penduduk usia Y yang bersekolah pada tahun T/Jumlah penduduk usia Y pada tahun T ) x Faktor koerksi pesantren

  • Angka Mengulang

Definisi : Perbandingan antara jumlah murid mengulang pada jenjang pendidikan tertentu (SD, SLTP, SLTA dan sebagainya) dengan murid pada jenjang pendidikan tertentu dan dinyatakan dalam persentase.

Rumus : ( Jumlah murid mengulang ditingkat pendidikan tertentu/jumlah siswa ditingkat pendidikan tertentu) x100%

Semoga bermanfaat... ^_^

 

 

Artikel Terkait

PELAYANAN SEKRETARIAT DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PASURUAN

Artikel ini merupakan penghubung antara masyarakat dalam atau luar lingkungan dinas, guna mempermudah dan memperlancar pelayanan. Adapun pelayanan yang ada di Sekretariat Dinas Pendidikan adalah sebagaiRead More

No Comments

Tuliskan Komentar